PQM Consultants | PQM Consultants | SimLearning: Formula Training Anti Bosan

Blog

SimLearning: Formula Training Anti Bosan

  |   Leadership   |   No comment

Pernah memainkan game SimCity? Sebuah game yang mensimulasikan mengenai manajemen perkotaan dimana pemain akan berperan sebagai walikota. Dalam kontibusi kami untuk membangun indonesia dengan semangat ‚ÄúDeveloping People for Indonesias Competitiveness‚ÄĚ, PQM Consultants menghadirkan SimLearning. SimLearning merupakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan simulasi. Sama halnya dengan video game SimCity yang Anda ketahui, simulasi yang dilakukan dalam SimLearning dapat berupa aktivitas yang mengilustrasikan kondisi sebenarnya ataupun permainan yang mendukung untuk peningkatan pemahaman dari materi. SimLearning merupakan pendekatan yang digunakan oleh PQM Consultants dan dapat diaplikasikan di berbagai subject matter expert.

 

Sebagai lembaga konsultasi dan pelatihan, PQM Consultants menggunakan pendekatan SimLearning untuk mendukung pemahaman materi dan juga aplikasi dari topik-topik yang dipelajari. SimLearning mencakup in-class simulation yang dapat digunakan dalam pelatihan dan juga outdoor simulation yang menggabungkan elemen kreativitas dan kerjasama tim. Melalui subject matter expert SimLearning, PQM Consultants merancang simulasi yang didasarkan dengan materi dan kasus-kasus dari beberapa topik produktivitas dan kualitas. Simulasi tersebut banyak diterapkan dalam pelatihan baik di perusahaan atau inhouse training maupun pelatihan yang diadakan PQM melalui public training. Beberapa simulasi yang kami miliki diantaranya:

INNOVATHON (Answering the challenge of Industry 4.0)

Simulasi ini mengkolaborasikan antara konsep dari Industry 4.0 dan juga inovasi yang mendukung transformasi tersebut. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengaplikasikan konsep mengenai industry 4.0 dengan key technologies yang digunakan serta memahami alur proses design thinking untuk inovasi teknologi. Dengan simulasi ini peserta ditantang untuk mampu menjawab kebutuhan di masa mendatang dengan menciptakan inovasi. Dalam perancangan inovasi, peserta juga ditantang untuk berinovasi dalam proses supply chain, smart factory, order to delivery, teknologi yang digunakan dan juga aspek lain yang mendukung implementasi industry 4.0.

WAREHOUSE MANAGEMENT SIMULATION

Seperti namanya, simulasi ini mengangkat topik warehouse management yang diejawantahkan dalam bentuk boardgame. Melalui simulasi ini, peserta dapat memahami klasifikasi dari barang yang ada di gudang yaitu fast moving dan slow moving. Tantangan dari simulasi ini adalah untuk membuat layout pergudangan yang efektif dan efisien untuk menekan biaya pergudangan. Analisa menggunakan spaghetti diagram dan juga biaya pergudangan dilakukan untuk membuat improvement dari layout dan manajemen pergudangan.

THE CATAPULT GAME

Melalui simulasi catapult, peserta akan memahami Why-why Analysis dengan cara yang menarik. Dalam catapult game banyak variable yang perlu diformulasikan untuk mencapai target yang ditentukan. Aspek man, machine, material, method dan juga environment akan mempengaruhi dalam menggunakan catapult. Simulasi ini sangat cocok digunakan untuk pelatihan dengan peserta mulai dari 20 hingga 150 orang.

Beberapa simulasi tersebut, merupakan sebagian dari simulasi yang dirancang oleh PQM Consultants. Melalui simulasi diharapkan pemahaman materi dapat lebih menyeluruh dan juga pelaksanaan pelatihan menjadi lebih menarik dan bermakna. PQM Consultants juga dapat merancang simulasi yang customized disesuaikan dengan kebutuhan dari organisasi Anda. Untuk berkomunikasi lebih lanjut mengenai simulasi apa yang cocok bagi perusahaan Anda, silakan hubungi pqmcons@pqm.co.id atau hubungi kami melalui 021 42531887.

 

 

Oleh: Octika A | Technical Consultant

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.